Thursday, January 12, 2017

TRAINER



Job Description :

Trainer ialah seseorang yang memberikan pelatihan atau training untuk peserta yang diberikan training atau yang disebut dengan trainee. Seorang trainer harus mampu membuat trainee atau peserta training menjadi mempunyai kemampuan atau skill yang sesuai dengan materi yang telah diberikan oleh trainer.

Seorang trainer harus menguasai tugas pokok atau tugas utama seorang trainer, yaitu :
  • Mengajar secara teratur dan terjadwal atau penuh di dalam kelas pelatihan.
  • Memberikan beberapa masukan dan catatan kepada trainee.
  • Melakukan persiapan berupa peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan untuk training.
  • Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan diri untuk melakukan sebuah analisa pekerjaan dan juga sebagai bahan konsultasi dengan pihak lainnya. Hasil analisa itu dapat memberikan gambaran informasi tentang pelatihan yang dibutuhkan oleh para karyawan untuk meningkatkan kualitas diri dan produktivitas kerja mereka.
  • Membuat perencanaan program pelatihan yang dibutuhkan pada saat training akan dilakukan. Perencanaan tersebut antara lain, jenis, waktu, dan perencanaan budget pelatihan yang telah ditetapkan sesuai dengan kebutuhan.
  • Bekerjasama dengan tim. Diantaranya mempersiapkan peralatan untuk berjalannya pelaksanaan sebuah training, seperti buku, peralatan dan alat edukasi yang dibutuhkan.
  • Memilih jenis pelatihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Menyusun materi / modul yang sesuai dan tepat yang ingin disampaikan pada saat training.
  • Memantau program selama pelatihan itu berlangsung. Pada saat itu juga memberikan kuesioner untuk mendapatkan informasi yang terukur mengenai tentang efektivitas pada saat berjalannya pelatihan.
  • Mengembangkan pengetahuan trainee yang melakukan training. Dengan cara mengembangkan pengetahuan dari materi yang telah dibuat sebelumnya.
  • Membentuk karakter, sifat dan kepribadian orang yang mengikuti training agar menjadi lebih baik dalam meningkatkan produktivitas kerja.
  • Melakukan evaluasi pelatihan agar sebuah perusahaan dapat melihat perkembangan selama melakukan training.


Job Specification :

- Kemampuan berkomunikasi yang baik
- Kemampuan berorganisasi yang baik
- Menguasai atau berpengalaman dalam hal atau materi yang akan diberikan
- Kemampuan interpersonal yang baik
- Kreatif
- Dapat menjadi teladan
- Kemampuan pemecahan masalah yang baik




http://humanisgroup.net/training-for-trainer-di-jakarta/

No comments:

Post a Comment